pada umumnya ahlul bid`Ah mengingkari
turunya nabi isa. apapun yang mereka katakan, pada dasarnya karena
turunya nabi isa dari langit di anggap tidak masuk akal. inilah alasan
yang sebenarnya dari mereka. yang jelas bagiku agamaku, dan bagimu
agamamu.
turunya nabi isa pada
waktu sholat subuh, yang akhirnya beliau sholat subuh di belakang imam
mahdi. seperti yang di jelaskan hadis shahih berikut ini.
ketika
Allah telah mengutus al-masih ibnu maryam, maka turunlah la di menara
putih di sebelah timur Damsyiq dengan mengenakan dua buah pakaian yang
di celup dengan waras dan za`faran, dan kedua telapak tanganya di
letakanya di sayap dua malaikat...shahih muslim, yaumul qiyamah hal 327*
...ketika
imam mereka [yang di maksud imam mahdi] telah maju untuk memimpin
shalat shubuh, tiba-tiba munculah Isa bin maryam di tengah mereka. Maka
imam tersebut kemudian mundur ke belakang untuk memberikan kesempatan
Isa memimpin shalat. Maka Isa-pun merangkul pundaknya seraya berkata
kepadanya: `majulah dan pimpinlah shalat ini, sebab imam itu di tegakan
untukmu.` maka ia kemudian memimpin shalat mereka....hr. ibnu majah di
kutip dari buku kisah dajjal pustaka imam syafii hal 54**
....kemudian
Isa bin maryam turun. Maka pemimpin mereka berkata kepada Isa:
kemarilah, jadilah Imam jama`ah shalat kami. Ia menjawab: tidak, sebab
sebagian kalian adalah pemimpin bagi sebagian lainya. Ini sebagai bentuk
penghormatan Allah kepada umat ini. Kisah dajjal hal 125. Syaikh
Al-albani mengatakan: hadis ini diriwayatkan dalam kitab ash-shahihah
[1960] juga telah ditakrij oleh imam ad dani (II/142)***
....Isa
bin maryam turun ketika shalat shubuh, maka pemimpin mereka berkata
kepadanya: `wahai ruh Allah! Majulah dan shalatlah.` jawab Isa: `bagi
umat ini sebagian dari mereka adalah pemimpin bagi sebagian lainya.`
kemudian pemimpin mereka maju untuk memimpin shalat shubuh. Ketika Isa
telah menyelesaikan shalatnya ia kemudian mengambil tombaknya dan pergi
mencari dajjal...hr imam ahmad kisah dajjal hal 124****
Dari
hadis-hadis tersebut di simpulkan, bahwa isa ibnu maryam akan turun ke
bumi di waktu shalat shubuh, dan turunya di damsyiq atau damaskus. Dan
beliau sempat shalat shubuh di belakang al-mahdi yang sebelumnya
al-mahdi memintanya untuk menjadi imam, tetapi beliau menolak. Setelah
shalat subuh, beliau pergi untuk mencari dajjal. Seperti seperti yang
dijelaskan dalam hadis hadis yang shahih, bahwa dajjal akan dibunuh oleh
isa ibnu maryam di depan pintu lud palestina.
Mengenai
hadis yang menceritakan isa ibnu maryam yang shalat shubuh sebagai imam
di palestina, maka hadis ini berbeda dengan hadis hadis yang
menceritakan isa ibnu maryam shalat shubuh di damaskus sebagai makmum.
Keliru bila masih ada orang yang mentarjih kedua jenis hadis tersebut.
Kedua hadis tersebut sudah sangat jelas menceritakan dua keadaan yang
berbeda, aneh rasanya jika masih ada yang belum memahami kedua jenis
hadis tersebut. oleh karena adanya hadis yang menjelaskan isa ibnu
maryam shalat shubuh di palestina sebagai imam, maka dari sinilah saya
menduga bahwa pada saat itu, imam mahdi sudah meninggal dunia. walaupun
bisa saja ada alasan yang lain, yang menyebabkan al mahdi tidak hadir di
palestina. dari hadis hadis di atas bila diurutkan, maka kurang
lebihnya begini.
Maka turunlah
isa di menara putih di sebelah timur damsyiq dengan mengenakan dua buah
pakaian yang di celup dengan waras dan dan za`faran* ketika imam mereka
[al-mahdi] telah maju untuk memimpin shalat shubuh, tiba tiba munculah
isa ibnu maryam di tengah tengah mereka. maka imam tersebut kemudian
mundur ke belakang untuk memberikan kesempatan isa memimpin shalat.**
maka pemimpin mereka (al mahdi) berkata kepada isa: kemarilah, jadilah
imam jama'ah shalat kami*** wahai ruh allah! majulah dan shalatlah****
maka isa pun merangkul pundaknya seraya berkata kepadanya:** tidak,
sebab sebagian kalian adalah pemimpin bagi sebagian lainya. ini sebagai
bentuk penghormatan allah kepada umat ini*** majulah dan pimpinlah
shalat ini, sebab imam itu di tegakan untukmu.** kemudian pemimpin
mereka maju untuk memimpin shalat shubuh. ketika isa telah menyelesaikan
shalatnya ia kemudian mengambil tombaknya dan pergi mencari dajjal****
* shahih muslim. saya kutip dari buku yaumul qiyamah hal 327 qisthi press
** HR. Ibnu majah. di kutip dari buku kisah dajjal hal 54 pustaka Imam Asy-Syafii
*** kisah dajjal hal 125 syaikh al-albani mengatakan hadis ini diriwayatkan dalam kitab ash-shahihah
**** Kisah dajjal hal 124 syaikh al-albani mengatakan hadis ini diriwayatkan oleh imam Ahmad dan al-Hakim
pada
pembahasan yang lalu telah saya uraikan, bahwa sepertiga dari pasukan
kaum muslimin yang telah mengalahkan pasukan kafir akhirnya menaklukan
konstantinopel atau turki. berikut ini hadis tentang penaklukan
konstantinopel.
...apakah
kalian pernah mendengar ada suatu kota, yang mana sisi sebelahnya berada
di daratan sedang sisi lainya berada di lautan? mereka menjawab: ya
wahai rosulullah. kemudian rosulullah bersabda: hari kiamat tidak akan
tiba sehingga ada 70.000 orang keturunan ishaq menyerang konstantin.
Ketika mereka telah tiba di sana, mereka tidak berperang dengan membawa
senjata, tidak pula melemparkan anak anak panah. mereka mengatakan: laa
ilaaha illallaah wallaahu akbar. maka salah satu sisi kota yang terletak
di laut jatuh. kemudian kedua kalinya mereka berucap: laa illaaha
illallaahu wallaahu akbar, maka jatuhlah sisi yang lain. kemudian mereka
berucap ketiga kalinya: laa ilaaha illallaah wallaahu akbar, kemudian
di bentangkanlah jalan bagi mereka untuk memasukinya, lalu mereka
mendapat harta benda rampasan yang banyak.
ketika mereka sedang membagi bagi harta benda rampasan perang, dan
mereka meletakan pedang pedang mereka di pohon zaitun, tiba tiba syaitan
berseru: sesungguhnya al masih telah berada di tengah keluarga kalian.
kemudian buru buru mereka keluar, dan ternyata itu bathil. (kemudian
mereka meninggalkan segala sesuatu dan kembali (pulang)) dan ketika
mereka telah sampai di syam, tiba tiba dajjal keluar. ketika mereka
telah bersiap siap untuk berperang dan telah merapatkan barisan, tiba
tiba waktu shalat shubuh tiba (dan hendak di tegakan). maka saat itu,
isa turun dan menjadi imam bagi mereka. ketika dajjal (musuh allah)
melihat isa, tiba tiba ia lesu dan layu seperti garam yang mencair di
dalam air. sekiranya ia membiarkanya, dajjal pun akan binasa, akan
tetapi allah menghendaki ia mati di tangan nabi isa sehingga darahnya
terlihat di ujung tombaknya. shahih muslim, selengkapnya di buku kisah
dajjal hal 137
penyebutan
setan dalam hadis ini mungkin sifatnya majaz atau kiasan. hal ini karena
ada hadis yang lain yang menyebutkan dengan kata ganti seseorang.
tetapi yang jelas setelah mendengar kabar tentang keluarnya dajjal
akhirnya mereka pergi meninggalkan konstantinopel dan ketika mereka tiba
di syam keluarlah dajjal.
dalam
hadis tersebut pula dikabarkan bahwa mereka juga akan berperang dengan
dajal yang dalam hadis tersebut dikatakan, ketika mereka telah
merapatkan barisan dan seterusnya. sekarang kita perhatikan dulu hadis
hadis yang lain mengenai tema ini.
dari
salah seorang kaum anshar, dari sebagian sahabat Muhammad, berkata;
suatu ketika Rosululah bertutur tentang dajjal, lalu bersabda: dajjal
akan mendatangi tempat berbatu kota madinah. ia di haramkan memasuki
jalan jalan menuju madinah. kemudian kota madinah terguncang berikut
penduduknya sebanyak tiga kali. dengan itu keluarlah orang orang munafik
baik laki laki atau perempuan. kemudian dajjal pergi menuju syam,
sehingga sampai kesebagian daerah pegununganya. dajjal mengepung
penduduknya. saat itu sebagian kaum muslimin berlindung ke atas
perbukitan dan pegunungan syam. kemudian dajjal dapat mengepung mereka
dengan menempati tempat asalnya. sehingga ketika cobaan dan kegentingan
telah berlangsung lama menimpa kaum muslimin, salah seorang di antara
mereka kemudian berkata: hai sekalian kaum muslimin! hingga kapan kalian
dalam keadaan begini padahal musuh Allah telah menginjakan kaki di bumi
kalian? bagi kalian hanya ada dua pilihan, Allah mematikan kalian
sebagai syuhada atau memenangkan kalian!
kemudian mereka bersumpah setia untuk mati matian berjihad, yang itu
diketahui oleh Allah sebagai kejujuran dari diri mereka sendiri.
kemudian kegelapan menimpa mereka sehingga tak seorangpun dapat melihat
telapak tanganya. Rosulullah bersabda: kemudian isa bin maryam turun
lalu membuka pandangan mata mereka. di tengah tengah mereka ada seorang
laki laki memakai baju besi. mereka lalu bertanya kepadanya; hai hamba
Allah, siapakah engkau? ia menjawab, saya adalah hamba Allah dan
utusanya, ruhnya, kalimatnya, bernama isa bin maryam. pilihlah oleh
kalian satu di antara tiga hal. pertama, Allah mengirimkan kepada dajjal
dan bala tentaranya adzab dari langit, atau dia menenggelamkan mereka
ke dalam bumi, atau dia menguasakan senjata senjata kalian dapat
menghabisi mereka dan menahan senjata senjata mereka hingga tidak
mengenai kalian. mereka menjawab: ini
wahai utusan Allah, yang lebih menentramkan dada dan jiwa kami. ketika
itu engkau menyaksikan seorang yahudi yang besar, tinggi, banyak makan
dan minum ternyata tanganya tidak mampu menggunakan pedangnya karena
rasa takut dan gemetar yang di rasakanya. maka kaum muslimin akan datang
menghadapi pasukan dajjal dan mampu mengalahkan mereka. ketika dajjal
melihat isa bin maryam, menjadi lesu dan layu sebagaimana melelehnya
peluru. akhirnya isa menemukanya lalu membunuhnya. HR. Abdurrazaq dari
amr bin abi ats tsaqafi.
Syaikh
al-Albani mengatakan: isnad hadis ini merupakan perawi-perawi
terpercaya dari jajaran perawi imam Bukhari dan Muslim, kecuali seorang
laki-laki anshar. Ia tidak disebutkan namanya. Ada kemungkinan ia
termasuk sahabat, sebab ats-tsaqafi termasuk tabi`in. Ia meriwayatkan
hadis dari Abu Musa al-Asy`ari dan lainya. Jika demikian adanya, maka
sanad hadis ini shahih. Sebab, menurut ahlus sunah ketidakterkenalan
sahabat itu tidak apa apa. kisah dajjal hal 125 pustaka imam asy syafii
dalam
hadis tersebut Rosulullah mengabarkan bahwa dajal akan mendatangi
madinah dan beliau juga mengabarkan bahwa kota madinah dilindungi dari
dajal. dalam beberapa hadis yang lain Allah mengutus sejumlah malaikat
untuk berjaga jaga agar dajal tak mampu memasukinya. setelah orang orang
munafik keluar dari madinah dan menemuinya, lalu dajjal dan pasukanya
pergi ke syam. kemudian dajjal mengepung kaum muslimin di pegunungan.
hal tentu tidak serta merta langsung mengepungnya, tentu saja ada
beberapa hal yang tidak dikabarkan dalam hadis ini. tetapi disini
langsung mengabarkan tentang situasi tersebut. dan dalam hadis itu pula
di kabarkan nabi isa akhirnya datang di tengah tengah mereka. konteks
kejadian ini ada di palestina dan bukan di damaskus. sekarang kita lihat
hadis yang lainya.
.......kemudian
turunlah [datanglah] Isa ibnu Maryam, lalu beliau menyeru pada waktu
sahur dengan mengatakan, 'wahai manusia! apakah yang menghalangi kamu
untuk keluar menghadapi pembohong yang buruk ini?! mereka berkata, ini
seorang lelaki bangsa jin. lalu mereka keluar, tiba tiba mereka jumpai
Isa ibnu Maryam, lantas di iqamati shalat untuk shalat dan orang orang
pun berkata kepada beliau, silahkan anda maju untuk menjadi imam, wahai
Ruh Allah. beliau menjawab, 'hendaklah imam kalian saja yang maju ke
depan untuk mengimami shalat. maka ketika beliau selesai memunaikan
shalat subuh, orang orang keluar menemui beliau. maka sang pembohong
(dajjal) melihat beliau, dia meleleh seperti melelehnya garam di dalam
air.....HR. Imam Ahmad. dikutip dari yaumul qiyamah hal 320
hadis
ini tidaklah seperti yang di anggap sebagian ulama, walaupun
dishahihkan oleh imam hakim dan di setujui oleh imam adz dzahabi. zahir
hadis ini menggabungkan dua hadis menjadi satu maka rusaklah makna yang
sesungguhnya. hadis yang menceritakan turunya isa ibnu maryam di
damaskus telah pasti keshahihanya karena diriwayatkan oleh imam muslim,
dan pada saat itu isa ibnu maryam akan shalat sebagai makmum di belakan
al mahdi. sedangkan hadis di atas konteks kejadian tersebut berada di
palestina. padahal dalam hadis yang shahih isa ibnu maryam shalat subuh
menjadi imam ketika di palestina. dan nyatanya syaikh al albani
menyebutkan salah satu rawinya mudalis. lihat buku kisah dajal hal
dari
Ustman bin Abul Ash, ia berkata: saya mendengar Rosululah bersabda:
kaum muslimin memiliki tiga wilayah, satu wilayah di pertemuan antara
dua laut, kedua di al hirah dan ketiga wilayah di syam. manusia akan
terkejut sebanyak tiga kali. kemudian dajal akan muncul di kala manusia
sedang berpaling. ia beraksi dari arah timur. daerah yang kali pertama
di datangi adalah yang berada di pertemuan antara dua laut. dengan itu
penduduknya terpecah menjadi tiga golongan. kelompok pertama berkata,
kita teliti dan lihat siapa dia? kelompok kedua bergabung dengan orang
orang badui, dan kelompok ketiga bergabung ke daerah yang berikutnya.
ada sekitar tujuh puluh ribu pasukan bersenjata menyertainya. kebanyakan
pengikutnya adalah orang orang yahudi dan kaum perempuan. kemudian
dajjal mendatangi daerah berikutnya, penduduknya pun terpecah menjadi
tiga kelompok. golongan pertama berkata, kita teliti dan lihat siapa/apa
dia? kelompok kedua bergabung dengan orang orang badui, dan kelompok
ketiga bergabung dengan daerah berikutnya di arah barat syam.
kaum muslimin bergerak menjauh menuju aqabah afiq, kemudian mereka
mengembalakan ternaknya, lalu ternak yang di gembalakan oleh mereka
terkena musibah, yang hal itu sangat memberatkan mereka. sesudah itu
mereka ditimpa kelaparan yang dahsyat serta kesulitan hidup yang
melelahkan, sampai sampai salah seorang di antara mereka membakar tali
busurnya kemudian dimakan. ketika mereka dalam kondisi demikian, ada
suara menyeru pada waktu menjelang subuh: hai sekalian manusia, telah
datang pertolongan (diucapkan sebanyak tiga kali). kemudian sebagian
mereka berkata kepada sebagian lainya: sesungguhnya itu adalah suara
seseorang yang kenyang. Isa ibnu
Maryam turun ketika shalat shubuh, maka pemimpin mereka berkata
kepadanya: Wahai Ruh Allah! Majulah dan shalatlah. Jawab Isa: bagi umat
ini sebagian dari mereka adalah pemimpin bagi sebagian lainya. kemudian
pemimpin mereka maju untuk memimpin shalat shubuh. ketika isa telah
menyelesaikan shalatnya ia kemudian mengambil tombaknya dan pergi
mencari dajjal. ketika dajjal melihatnya, ia langsung lunglai
sebagaimana melelehnya peluru. kemudian ia menempatkan ujung tombaknya
di pertengahan dada dajjal lalu membunuhnya, dan kalahlah pasukan
dajjal. pada saat itu tidak sesuatu pun yang mau menjadi pelindung
siapapun dari mereka, sampai sampai pohonpun akan berkata kepada orang
mukmin: hai mukminin! ini ada orang kafir. dan batupun juga berkata: hai
mukminin! ini ada orang kafir. HR. Imam Ahmad dan Imam Hakim
hadis
ini dhaif seperti yang dijelaskan oleh syaikh al albani dalam bukunya
kisah dajjal hal 124. hadis ini juga seperti hadis sebelumnya, yaitu
menggabungkan antara dua hadis. ketika isa ibnu maryam yang akan
membunuh dajjal di lud palestina, maka pada saat itu beliau datang pada
pasukan kaum mukminin pada waktu shubuh dan shalat menjadi imam. hal ini
berbeda ketika di damaskus yang waktu itu turun pada kali pertama dan
kejadianya pun sama pada waktu shubuh dan beliau shalat shubuh sebagai
makmum.
berikut ini hadis yang
menjelaskan bahwa isa ibnu maryam yang akan turun di palestina yang
pada saat itu beliau menjadi imam shalat shubuh. dan kejadian ini
berbeda dengan di damaskus yang waktu tersebut beliau menjadi makmum.
dari
Abu Hurairah ia berkata; saya mendengar Abul Qasim [maksudnya nabi
Muhammad] yang jujur lagi di benarkan bersabda: akan muncul dajjal yang
buta sebelah mata dan pembawa kesesatan dari arah timur di saat manusia
dalam kondisi perpecahan, dan ia akan hidup ~sesuai kehendak allah~
dimuka bumi hingga empat puluh hari ~allah maha mengetahui berapa
lamanya~ kemudian kaum mukminin mengalami kesulitan hidup yang sangat,
kemudian nabi isa bin maryam turun dari langit, kemudian menjadi imam
bagi jamaah masjid, ketika ia mengangkat kepalanya dari ruku ia berkata:
semoga allah mendengar pujian orang yang memujinya, semoga allah
membunuh al masih ad dajjal, kemudian menanglah kaum muslimin. kemudian
aku (abu hurairah) bersumpah bahwa rosulullah, abul qasim yang jujur
lagi dibenarkan bersabda: sungguh kemunculan dajjal adalah benar, adapun
waktu kedatangan telah dekat, karena setiap apa yang akan tiba adalah
dekat.Imam al-Haitsami berkata
[7349]: hadis ini di riwayatkan oleh Imam al-Bazzar. Para perawinya
adalah perawi hadis shahih, selain` Ali bin al-Mundhir, ia orang
terpercaya. Sedangkan Imam al-Hafidz [Ibnu Hajar] berkata: isnad hadis
ini hasan. Itulah yang dikatakan oleh syaikh al-Albani. Kisah dajjal hal
72
Tidak ada komentar:
Posting Komentar